Yayasan Buku Utama

(1973)
Lembaga Sastra

Yayasan Buku Utama adalah nama yayasan nirlaba yang memberikan hadiah untuk buku terbaik setiap tahun, termasuk buku sastra. Yayasan nirlaba ini beralamat di Jalan Merdeka Selatan, No. 11, Jakarta.

Yayasan ini didirikan oleh Panitia Nasional Tahun Buku Internasional tahun 1972. Panitia ini merupakan kelanjutan Keputusan Sidang Umum UNESCO ke-26, tentang dijadikannya tahun 1972 sebagai Tahun Buku Internasional dengan semboyan" Buku untuk Semua orang" dan Indonesia telah membentuk sebuah "Panitia Nasional Tahun Buku Internasional 1972 Indonesia", yang diketuai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayan, dan beranggotakan berbagai pakar perbukuan, termasuk pula sejumlah pengusaha dan anggota DPR. Diantara keputusan-keputusan tersebut, antara lain, melebur Panitia Nasional Tahun Buku Internasional tahun 1972 Indonesia pada akhir tugasnya dalam bentuk yayasan, dengan nama Yayasan Buku Utama. Yayasan Buku Utama merupakan lanjutan dariPanitia Nasional Buku Internasional 1972 Indonesia.

Pada waktu panitia tersebut dibubarkan di akhir tahun 1973, para anggota menginginkan agar usaha-usaha panitia untuk meningkatkan pengembangan perbukuan tetap berlanjut. Dalam sidang pembubarannya diputuskan agar nggota panitia lengkap menjadi anggota Pengurus Yayasan Buku Utama. Kepada Yayasan Buku Utama diwariskan sebagai modal pangkal uang sebanyak Rp10.450.000,00, yakni uang sisa biaya seluruh kegiatan panitia.

Secara resmi YBU dibentuk pada tanggal 28 Desember 1973 dihadapan Notaris Abdul Latif Jakarta, dengan Akta Notaris No.166. Akta ini kemudian diperbaharui sesuai dengan hasil rapat-rapat Badan Pengurus tentang perubahan Anggaran Dasar dengan Akta Notaris yang sama pada tanggal 16 Juni 1980 Nomor 6. Yayasan tersebut berada di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia.

Pendirian Yayasan Buku Utama bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan penulisan buku-buku di bidang sastra dan ilmu pengetahuan, terutama yang bersifat populer. Untuk mencapai tujuan itu, Yayasan Buku Utama melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain (1) memperkenalkan cita-cita dan tujuan yayasan dengan cara mendorong masyarakat menciptakan iklim yang sehat dan kondusif untuk pengembangan perbukuan nasional, (2) mengadakan penilaian buku terbitan berbagai bidang ilmu dan memberikan hadiah kepada pengarang buku terbaik, serta memberikan penghargaan kepada penerbit-penerbit setiap tahun sesuai dengan keputusan Badan Pengurus, (3) menyusun dan mengirim hasil penilaian kepada organisasi yang relevan, baik sebagai bahan informasi maupun sebagai rekomendasi, dan (4) mengadakan usaha peningkatan dana, antara lain berupa sumbangan masyarakat, khususnya dari para pemerhati di bidang pendidikan dan perbukuan nasional.

Struktur organisasi Yayasan Buku Utama terdiri atas Badan Pengurus, Pengurus Harian, Badan Penasihat, dan Perwakilan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjabat Ketua Umum Yayasan. Badan pengurus yayasan ini terdiri atas 24 orang. Kegiatan sehari-hari yayasan dilaksanakan oleh Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, selaku Ketua Harian. Ketua Harian dibantu oleh seorang sekretaris, seorang bendahara, dan tiga orang pengurus harian.

Sebagai suatu lembaga, Yayasan Buku Utama melaksanakan kegiatan penilaian buku pertama kali pada tahun 1975. Buku-buku yang dinilai tahun 1975 itu adalah buku-buku bacaan ilmiah populer dan bacaan fiksi terbitan tahun 1973/1974. Kegiatan seperti itu dilaksanakan sampai tahun 1977. Mulai tahun 1978, di samping bacaan ilmiah populer dan bacaan fiksi, juga dinilai buku-buku pelajaran bidang IPA, IPTEK, dan IPS. Kegiatan serupa dilaksanakan sampai tahun 1981. Tahun 1982 dilakukan penilaian buku-buku bacaan usia prasekolah, SD, buku pelajaran ilmu pengetahuan praktis, civic, ilmu pengetahuan kultural, dan bacaan fiksi. Tahun 1985 dilakukan penilaian buku sains dan matematika, IPS, humaniora, fiksi, dan sejarah. Tahun 1987 dilakukan penilaian buku sains, matematika, IPS, biologi, ilmu bahasa dan sastra, fisika, dan puisi. Selanjutnya, sejak tahun 1988 hingga sekarang dilakukan penilaian buku bacaan anak-anak dan remaja (fiksi dan nonfiksi), sains dan teknologi, IPS, dan humaniora.

Perihal dan aktivitas Yayasan Buku Utama dapat disimak di laman: http://ybu.pnri.go.id.