Yayasan Bentang Budaya

(1990)
Media Penyebar/Penerbit Sastra

Yayasan Bentang Budaya merupakan penerbit yang lebih banyak menerbitkan buku-buku yang berkaitan dengan budaya. Karena merupakan bagian dari budaya, buku-buku sastra (termasuk karya sastra) banyak yang diterbitkan oleh penerbit ini. Di samping menerbitkan karya-karya baru, Yayasan Bentang Budaya banyak menerbitkan ulang karya-karya yang sebelumnya telah diterbitkan oleh penerbit lain (biasanya yang diterbitkan oleh penerbit Jakarta), misalnya novel Jentera Lepas (1994) karya Ashadi Siregar yang sebelumnya diterbitkan oleh Cypress (1979).

Selain menerbitkan secara berswasembada, Yayasan Bentang Budaya juga melakukan kerja sama dengan lembaga/pihak lain, misalnya dengan Pustaka Republika ketika menerbitkan kumpulan cerita pendek (novel dengan "cerita berbingkai") Impian Amerika (1998) karya Kuntowijoyo. Cerpen tersebut sebelumnya pernah dimuat secara bersambung di harian Republika.

Penerbit Yayasan Bentang Budaya yang telah berkiprah sejak awal tahun 1990-an ini beralamat di Perum Sonosewu Baru C III-25 Yogyakarta 55182. Adapun nomor teleponnya adalah 0274-374798 dan nomor faksnya 0274-381298 dengan alamat pos-el (e-mail): bentang.budaya@mailexite.com.