Tribun

(1970—1975)
Media Penyebar/Penerbit Sastra

Tribun merupakan sebuah surat kabar berita. Tribun diterbitkan oleh PT Septenarius yang beralamat di Jalan Palmerah Selatan 160, Jakarta Pusat. Surat kabar ini terbit seminggu sekali dan pertama kali terbit tanggal 7 September 1970, tetapi tidak diketahui terbitan terakhirnya. Pengelola surat kabar ini adalah Adi Sasono yang bertindak sebagai pemimpin umum, Ahmaddhani dan G. Martha sebagai ketua dewan redaksi dan A. Makmur Makka sebagai pemimpin perusahaan. Redaktur pelaksana adalah Mahyudin Mawawi dan Thamrin Ely. Dewan redaksinya adalah Adi Sasono, A. Makmur Makka, Azrul Azwar, M. Dawam Rahardjo, Nucholis Madjid, Sritua Arief, dan Sudardji. Staf redaksi adalah Agil Alathas, Jr. Chaniago, Mahrus Irsyam, dan Wahyu S., sedangkan sebagai sekretaris redaksi adalah Nana Sukarsana.

Rubrik yang dimuat Tribun, antara lain adalah ekonomi, universitas, film, sastra, mahasiwa dan pemuda, dan tinjauan luar negeri. Peredaran surat kabar Tribun bersifat nasional dengan agen yang tersebar di Sulawesi, Ambon, Irian Jaya, dan Yogyakarta. Di dalam surat kabar ini ada ruang khusus kesusastraan yang bernama "Matahar Lembaran Sastra & Budaya" yang muncul secara rutin 2 kali sebulan. Para pengarang yang karya sastranya dimuat dalam surat kabar ini, antara lain, adalah Abdul Hadi W.M., Ajat Rohaedi, Emha Ainun Nadjib, A. Makmur Makka, Hamid Jabbar, dan Mochtar Pabotinggi.

Karya sastra yang dimuat di dalamnya berbentuk cerita rekaan, yaitu cerber, seperti "Cintaku pada Suatu Malam" karya A. Makmur Makka, No. 59--66/IV. 1975; puisi, seperti "Sajak Cinta bagi W.K.L." karya Emha Ainun Nadjib, No. 62/IV, 1975, Minggu ke-2; "Dongeng tentang Seorang Siput" karya Hamid Jabbar No. 60/IV, 1975; "Kami Jalan-Jalan pada Sautu Hari" karya Ajat Rohaedi, No. 64/IV, 1975; "Kita pun Akan Jadi Tua" karya Mochtar Pabotinggi No. 60/IV, 1975); dan resensi karya sastra, seperti "Tinjauan Sementara atas Kumpulan Sajak Bangsat" karya Darmanto Jt No. 64/IV, 1975. Selain itu, dalam surat kabar ini juga dimuat berita-berita kegiatan kesastraan, seperti "Atheis", No. 58/IV, 1975. Artikel ini memuat berita novel Atheis karya Achdiat Karta Mihardja yang difilmkan. Berita wawancara dengan W.S. Rendra yang berjudul "Indonesia Kini Krisis Nilai" No. 66/IV, April 1975 juga dimuat. Puisi yang dimuat pada setiap terbitan berjumlah sekitar tiga buah. Ada pula artikel "Seputar Pembicaraan Puisi" Catatan Alit" karya Linus Suryadi Ag No. 62/IV, 1975 minggu ke-2. Pada setiap terbitan cerita bersambung dan berita-berita mengenai kesastraan juga dimuat rata-rata satu berita setiap kali muncul lembar sastra dan budaya.