Labor Penulisan Kreatif

(2006)
Lembaga Sastra

Labor Penulisan Kreatif (LPK) adalah salah satu komunitas sastra yang berada di kampus Fakultas Sastra Unand. LPK bernaung di bawah Fakultas Sastra. Tujuan awal berdirinya adalah untuk memberikan wadah yang representatif di kampus sebagai tempat pengembangan aspirasi dan kemampuan menulis mahasiswa.

Seperti halnya teater kampus yang lain, LPK mengadakan diskusi mingguan sebagai sarana untuk bertukar pikiran, bertukar informasi, dan menulis. Sebagai salah satu wadah kepenulisan di kampus, LPK ini juga mendapat binaan dari para dosen yang mempunyai perhatian di bidang tulis-menulis. Anggota LPK terdiri atas para mahasiswa dari berbagai jurusan. Mereka sangat kreatif menulis di surat kabar daerah Sumatra Barat maupun di luar Sumatra Barat seperti PontianakPost Kalimantan Barat dan Pikiran Rakyat Jawa Barat.

Anggota LPK yang terdaftar cukup banyak, tetapi yang aktif ada sekitar 10 orang. Di antaranya Sayyid Madany Sany (Sastra Indonesia '05), Nurfitria (Sastra Jepang '04), Mimi Fahmiyatri (Sastra Jepang), Elsya Crownia (Sastra Inggris '04), Afri Meldam (Sastra Inggris '05), Zetriyani (Sastra Inggris '05), Arda William (Sejarah '05), Rudi Hartono (Sejarah '05), dan Deni Pratama (Sastra Indonesia '06).

Berdirinya LPK ini adalah atas prakarsa mahasiswa yang meminta agar didirikan sebuah wadah sebagai tempat menuangkan kreatifitas menulis. Permintaan mahasiswa ini ditanggapi oleh pihak kampus, yakni dengan LPK ini, yang mengikat setiap anggotanya dengan "kontrak". Isi kontrak tersebut adalah apabila dalam waktu tiga bulan anggotanya tidak menghasilkan satu karya pun, ia akan dikeluarkan dari keanggotaan LPK.

Kegiatan yang diadakan LPK baru-baru ini adalah peluncuran Buku yang berjudul "Kecerdasan Budaya" (ditulis oleh Fadlillah) dan "Minangkabau di Mata Anak Muda" (ditulis oleh Ronidin). Sebagai salah satu komunitas sastra kampus yang cukup aktif, LPK tergolong masih baru, tetapi sejak berdirinya, karya-karya yang dimuat sudah tak terhitung jumlahnya. Sayyid Madany Syani yang merupakan ketua LPK pernah mendapat gelar juara III lomba menulis puisi keagungan Rasulullah yang diadakan Radio Republik Iran (IRIP) tahun 2006. Puisi yang dikirim berjudul Ababil 1 dan Ababil 2. Selain itu, seorang anggotanya Afri Meldam, baru-baru ini mendapat juara I lomba menulis cerpen remaja yang diadakan oleh Balai Bahasa Padang.

Agar dapat berkarya dengan tenang dan serius pihak Fakultas menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk labor ini. Di sekretariat pada lantai 2 Fakultas Sastra Unand terdapat 8 unit komputer, 1 unit printer, 1 unit televisi, 1 unit scanner, 1 unit LSD dan VCD. Topik-topik tulisan yang dimuat berkisar antara budaya, puisi, opini, otobiografi, dan cerita anak.