Jambi Ekspres

(1998—…)
Media Penyebar/Penerbit Sastra

Jambi Ekspres merupakan salah satu surat kabar terbesar yang ada di Jambi. Surat kabar ini tergabung dalam grup Jawa Pos yang merupakan salah satu raksasa media yang ada di Indonesia. Untuk mendirikan surat kabar harian pagi Jambi Ekspres ini, pada tahun 1998 Jawa Pos mengirim Soeparno Warnokromo, Dahlan Iskan, dan Maftum ke Jambi. Pada tanggal 1 Januari 1999 berdirilah surat kabar harian pagi Jambi Ekspres berdasarkan SIUPP Nomor 732/SK/Menpen/SIUPP/1999 dan Jawa Pos menunjuk Ahmad Rodhi sebagai pimpinan perusahaan.

Setelah Jambi Ekspres berdiri selama lebih kurang dua tahun, tepatnya pada tahun 2001, Ahmad Rodhi pindah ke Riau dan sejak saat itu terjadi kekosongan pimpinan perusahaan selama lebih kurang satu tahun. Selanjutnya, Jawa Pos menunjuk Sarkawi Harahap sebagai pimpinan umum sekaligus pimpinan perusahaan, dan Suardi Sukiman sebagai pimpinan redaktur surat kabar harian Jambi Ekspres.

Berita-berita yang dimuat dalam Jambi Ekspres merupakan liputan dari hampir semua daerah yang ada di Provinsi Jambi. Jadi, tidak salah jika Jambi Ekspres membidik masyarakat umum, terutama masyarakat Jambi yang ada di kota hingga di desa, sebagai sasaran pembacanya.

Jambi Ekspres sebagai salah satu ruang publik tentu memiliki berbagai jenis rubrik, baik yang berhubungan dengan sosial, politik, maupun ekonomi. Salah satu rubrik yang ada dalam Jambi Ekspres adalah rubrik sastra dan budaya yang terbit pertama kali, rubrik ini selalu hadir satu kali dalam seminggu dalam satu halaman dan memuat berbagai tulisan, seperti esai dan artikel sastra dan budaya, puisi, dan cerpen. Berbagai kalangan, mulai dari siswa, mahasiswa, dan pecinta sastra dan budaya, hingga kritikus sastra dan sastrawan menghasilkan karya untuk dimuat dalam rubrik sastra dan budaya ini.

Saat ini, surat kabar harian pagi Jambi Ekspres yang memiliki moto Cerdas dalam Perubahan ini beralamat di Jalan Pattimura nomor 35 (KM 8), Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Kotabaru, Jambi.