Dewi

(1974—...)
Media Penyebar/Penerbit Sastra

Majalah Dewi adalah majalah keluarga yang memuat karya sastra berupa cerita pendek dan cerita bersambung. Majalah ini terbit dua minggu sekali dan pertama kali terbit tahun 1974 dan pernah berhenti pada tahun 1979, tetapi beberapa tahun terakhir majalah ini muncul kembali. Sasaran pembaca majalah Dewi adalah masyarakat menengah atas dan umum. Majalah ini dikelola oleh Yayasan Chandra Sakti.

Pada era 1974—1979, majalah ini beralamat Jalan Padang, No. 9, Jakarta Selatan. Majalah ini dikelola oleh Th. Aries Puryanto (pemimpin umum) R. Risman Hafil (wakil pemimpin umum dan pemimpin redaksi), Rujito S.K. (redaktur pelaksana) Husni Husin (wakil redaktur pelaksana), Siti Sundari (sekretaris redaksi), M.H. Retno Murti N., Paulus Widiyanto, Nanik Mirna, dan Yani Wuryandari (staf redaksi), Suky Sastra Artistik dan H. Achmad Thaufik (pemimpin usaha).

Salah satu cerita pendek (cerpen) yang dimuat di dalam majalah ini berjudul "Pintu Mulai Terbuka" karya M. Wijaya, cerita bersambung berjudul "Sepotong Hati Tua" karya Marga T; dan cerita terjemahan berjudul "Kisah Cinta Seorang Lelaki" karya John Steinback yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh J.E. Siahaan.

Para pengarang yang telah menulis di dalam majalah Dewi antara lain, adalah Dra. Nani Pribadi, A. Sardjono, Elizabeth Wonomukti, M. Wijaya, Astuti Wulandari, Madeline, Yogi T.R., H. Pontas Hasibuan, Leila S. Chudori, Marga T., Marianne A. Katoppo, Yannie Wuryandarie, Mira W., Motinggo Boesje, R. Ayu, Hadiyah Taraode, Sahkatana Sinulingga, Liza, Nanoe Hartowo, Rip V. Dinnar, Beni Setia, Tamsur Hidayat, Arief Djoko W., Emji Alif, Nunuk Suparman, Edy Junaedi, dan Fransiska.

Majalah Dewi dicetak dengan kertas luks. Jenis kertas sampul/kulit sama dengan jenis kertas isi. Rubrik yang dimuat di dalamnya adalah "Fiksi", "Film", "Iklan", "Pertanian", "Adat Istiadat", "Psikologi", dan "Kesehatan". Penyebaran majalah ini mencapai tataran secara nasional hingga menjangkau kota-kota besar dan ibu kota provinsi, seperti Solo, Semarang, Surabaya, dan Jayapura. Berikut ini adalah beberapa judul cerita pendek (cerpen), cerita bersambung (cerber), cerita Remaja (cerma), dan puisi yang disuguhkan dalam majalah Dewi, yaitu (1) cerpen "Nostalgia Buat Mas Poer" karya Wid Aziz Dewi, No.83, Thn.V, 4 April 1978; (2) puisi "Rindu" oleh Rayu, Dewi, No.83, Thn.V, 4 April 1978; (3) "Oh Alangkah Sepinya" oleh Hadijah Taraoda, Dewi, No.83, Thn.V, 4 April 1978; (4) cerpen "Pintu Mulai Terbuka" karya M. Wijaya, Dewi, No. 85, Thn.V, 2 Mei 1978; (5) cerber "Jangan Pergi Lara" karya Mira W. (6) puisi "Apa dan Siapa Engkau" oleh Ramland Rafael Karoshaly, Dewi, No.200, 18 sampai dengan 31 Oktober 1982; (7) puisi "Apa dan Siapa Engkau" karya Ramlan Rafael Karoskaly; puisi "Rindu" karya Arantono, dan puisi "Gadis Desa Menimba di Sumur" karya Ramland Rafael Karoskaly ,Dewi, No.200, 18 sampai dengan 31 Oktober 1982; (8) cerpen "Istri" karya Herna Soe Dewi, No.200, 18 sampai dengan 31 Oktober 1982; (9) Cerita Remaja (cerma) "Hari-Hari Bagi Sunarti" Dewi, No. 202, Desember 1982.