B. Jass

(1931—...)
Pengarang

B. Jass seorang pengarang, termasuk Angkatan Pujangga Baru. Nama lengkapnya adalah Baharuddin Jasin Simbolon bin Mohammad Jassin Simbolon. Dia lahir di kampung Hutapadang, Kecamatan Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara tahun 1931. Setelah tamat Sekolah Rakyat Methodist kelas IV, B. Jass melanjutkan ke Vervolog School setingkat Sekolah Rakyat. Setelah itu, B. Jass melanjutkan ke Niti Go Gakko (SMP), tahun 1945.

B. Jass pertama-tama menjadi Sersan II TNI dengan jabatan Wakil Kepala Siasat Perang Komando Sumatra (1945—1950) kemudian berhenti karena cacat kena peluru pada kepala dan lengan kiri. Dalam perkembangan kariernya di bidang jurnalistik, B. Jass pernah menjadi pembantu pada surat kabar Merdeka yang berkantor di Sibolga tahun 1946—1949. Pada tahun 1956—1958 B. Jass juga pernah menjadi pemimpin redaksi mingguan Ria di Palembang, tetapi penerbitan ini terhenti karena kekurangan modal. Pada tahun 1959 B. Jass menjadi pemimpin redaksi harian Lampung Post, pada tahun 1961 menjadi Wakil Ketua Dewan Redaksi Batanghari Sembilan dan merangkap menjadi pembantu koresponden Kantor Berita Antara (sebelum KB PIA), yang bertempat di Palembang. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Palembang.

Sebagai seorang penulis, B. Jass banyak menulis cerpen atau novel yang dimuat dalam surat kabar, seperti Sastra, Kisah, Konco, Indonesia, dan Horison. Selain itu, cerpen-cerpennya juga banyak yang dimuat dalam majalah Roman. Dia juga pernah menulis drama, termasuk menjadi pemain drama. Selain itu, B. Jass juga pernah menyutradarai drama "Bung Besar" karya Jusa Biran di Palembang.

B. Jass pernah mendapat Satya Lencana Peristiwa Perang Kemerdekaan I dan II dan pemegang Tanda Jasa Pahlawan Gerilya. Novelnya, antara lain adalah (1) Halimah Srikandi (1962) dan Minah, Gadis Peladang (1964). Cerpen-cerpennya yang tersebar dalam majalah Roman, antara lain adalah (1) "Peninggalan Ibu" (Juli, 1956, No. 6, Thn. III), (2) "Maut di Rimba" (Oktober, 1957, No. 10, Thn. IV), (3) "Hadji Somad" (November, 1957, No. 11, Thn IV), dan (4) "Tjinta di Huma" (April, 1957, No. 4, Thn. IV).