Ashadi Siregar

(1945—...)
Pengarang

Ashadi Siregar merupakan penulis novel yang terkenal dengan judul Cintaku di Kampus Biru dengan mengangkat kehidupan mahasiswa. Ashadi Siregar lahir tanggal 3 Juli 1945 di Pematang Siantar, Sumatra Utara. Anak ketiga dari tujuh bersaudara itu berasal dari keluarga yang beragama Islam. Ayahnya bernama Abdul Azis Siregar dan ibunya Ny. N.H. Azis Siregar. Sehari- hari ayahnya bekerja sebagai pegawai negeri di Kantor Gubernur Sumatra Utara. Ayahnya meninggal dunia karena menderita penyakit jantung. Ashadi Siregar menamatkan sekolah dasar di Prapat, Sumatra Utara, tahun 1958. Dia melanjutkan pendidikannya ke sekolah menengah pertama (SMP) di Prapat dan tamat tahun 1961. Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Padang Sidempuan Ashadi Siregar memilih bagian B dan tamat tahun 1964. Pada tahun 1964 Ashadi Siregar mengikuti kuliah di Jurusan Publisistik, Fakultas Sosial Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan meraih gelar sarjana tahun 1970. Sejak menyandang gelar sarjana publisistik, Ashadi Siregar menetap di Yogyakarta dan bekerja sebagai dosen di Jurusan Publisistik tersebut, antara lain dalam mata kuliah Advertising dan Media Film. Ibunya yang tinggal sendirian di kampungnya, dibawanya ke Yogyakarta. Tiga orang adiknya juga ikut bersamanya di Yogyakarta.

Sampai tahun 1973 Ashadi Siregar dipercaya sebagai pengasuh (penanggung jawab) majalah mingguan Sandi di Yogyakarta. Pada tahun 1973 karena dimuatnya tulisan yang berjudul "Mukaddimah" dalam majalah Sandi, Ashadi Siregar diajukan ke pengadilan. Dia dituntut hukuman satu tahun penjara. Sejak saat itu pula majalah Sandi dilarang terbit.

Ketika bertamasya ke Danau Situ Patenggang, ia berhasil menulis novel berjudul Marini yang terbit pada awal tahun 1970-an. Novel tersebut mengisahkan seorang istri yang jatuh cinta kepada calon insinyur. Novel Ashadi Siregar muncul dari berbagai pengalamannya dengan berbagai ilustrasi tambahan. Pada tahun 1972 Ashadi menulis cerita berjudul "Warisan Sang Jagoan" yang dinyatakan sebagai Pemenang Harapan Sayembara Penulisan Roman Dewan Kesenian Jakarta tahun 1972. Novel tersebut diterbitkan tahun 1976 oleh Penerbit Gramedia.

Ashadi Siregar menulis novel Cintaku di Kampus Biru pada tahun 1972 dan dimuat sebagai cerita bersambung dalam surat kabar Kompas tahun 1972. Novel itu kemudian diterbitkan oleh PT Gramedia tahun 1974. Hal yang sama juga terjadi pada novel Kugapai Cintamu dan novel Terminal Cinta Terakhir. Kedua novel itu juga dimuat sebagai cerita bersambung dalam surat kabar Kompas dan mendapat sambutan hangat dari pembacanya. Ketiga novel itu merupakan novel trilogi dengan memperlihatkan kehidupan kampus kemudian ia menulis novel yang berjudul Sirkuit Kemelut yang tidak menjadi sambungan triloginya.