Ani Sekarningsih

(1940—...)
Pengarang

Ani Sekarningsih, penulis sastra, semasa gadis sering menggunakan nama alias, yakni Puthu Swasti. Setelah menikah ada kalanya ia menggunakan nama Ani Bakri Arbie. Ani Sekarningsih lahir di Tasikmalaya, 27 Oktober, 1940 dari pasangan Raden Odjoh Ardiwinata (tokoh Perikanan Darat) dan Sofia Lasambouw. Ani pernah mengalami masa pengungsian sekitar Magelang saat perang kemerdekaan dan kemudian hidup dalam suasana pedesaan di Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat.

Ani menyelesaikan pendidikannya di SMA I Bandung. Ayahnya yang menguasai bahasa Belanda, Jerman, Perancis dan Inggris menjadikan Ani mengenal sastra dunia dalam usia dini. Selain itu, motivasi guru bahasa Indonesia semasa di bangku sekolah Rakyat (sekarang SD), melatih Ani untuk menulis puisi. Ia mulai menulis puisi untuk majalah anak-anak Kunang-Kunang dan mengisi Ruang Kuntum Mekar, RRI Jakarta. Ketika duduk di bangku SMP—SMA, ia sudah menulis, baik cerpen, sajak, maupun artikel-artikel untuk media massa Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Namun, kegiatan menulisnya sempat terhenti lama karena kesibukannya membesarkan ketiga anaknya.

Pada tahun 1986, Ani bergabung dengan M. Kharis Suhud, mantan Ketua DPR/MPR, Drs. Muchrodji, Drs. Mashud Wisnoesapoetra dan Ir. Syarif Tando mendirikan Yayasan Asmat. Sampai kini, ia tetap aktif sebagai pengurus yayasan tersebut. Ia juga pernah bergabung dalam Wanita Penulis Indonesia sebagai Wakil Ketua II, pada Himpunan Pengarang, AKSARA, dan menjadi sekretaris ORARI Cibeunying, Bandung.

Ia menulis karyanya di berbagai media, seperti Majalah Kartini dan Sarinah. Pengalamannya ke pedalaman Papua khususnya Asmat, menggelitik kembali daya ciptanya. Ia memperoleh penghargaan Anugerah Citra Kartini 2000 karena dedikasi dan pengamatannya dalam masalah pendidikan perempuan di Asmat.

Karya-karya yang sudah diterbitkan, antara lain adalah Namaku Teweraut (Yayasan Obor, 2000), Osakat, Anak Asmat (Balai Pustaka, 1996). Selain itu, Rumah Susun, merupakan bukunya yang diterbitkan sebagai karya bersama dengan penulis lain.